Inilah Atlet-Atlet Terkaya di Indonesia

15 Dec 2016

Olahragawan, begitulah sebutannya. Sebuah sebutan yang bisa jadi bermakna “hebat” dan bisa juga bermakna “sebelah mata”. Bermakna hebat, ketika sang olahragawan mampu menasional, mengharumkan nama bangsa, dapat prestasi, dan dipuja disana sini. Dipandang sebelah mata, ketika sang olahragawan belum berhasil unjuk gigi, dianggap sebagai profesi yang dianggap layaknya pengangguran tanpa pekerjaan.

Namun, itulah hidup. Ada yang sukses, dan ada yang gagal. Di balik sosok-sosok yang gagal itu, banyak juga yang sukses berprofesi, berkarya di bidang olahraga, yang membuat nama mereka menjulang tinggi, dilirik semua mata, semua media. Bukan saja namanya dikenang bangsa, namun juga bergelimang harta.

Apakah ada yang seperti itu?
Ada pastinya. Banyak nama atlet Indonesia yang mencatatkan namanya di papan atlet internasional, yang membuat mereka sangat dan sangat mapan secara materi. Berdasarkan data yang dihasilkan oleh toprichests.com, inilah10 atlet Indonesia dengan penghasilan terbesar.

10. Meiliana Jauhari
Kekayaan: US$ 900 ribu atau Rp 12 miliar (Kurs 1 US$ = Rp 13.333)
Meiliana Jauhari merupakan seorang pemain bulu tangkis asal Indonesia. Dara yang memiliki tinggi badan 168 cm ini sudah bertanding di beberapa kejuaraan bulu tangkis ternama seperti BFW Super Series, Indonesian Super Series dan Macau Open. Ia berhasil meraih emas di tahun 2005 di kejuaraan Asian Games.

9. Sony Kuncoro
Kekayaan: US$ 1,1 juta atau Rp 14,6 miliar
Sony Dwi Kuncoro adalah pemain bulu tangkis dari Indonesia. Pada Olimpiade Athena 2004, putra pasangan Mochammad Sumadji dan Asmiati ini merebut medali perunggu di bagian tunggal putra setelah mengalahkan Boonsak Ponsana dari Thailand.

8. Tony Gunawan
Kekayaan: US$ 1,3 juta atau Rp 17,3 miliar
Nama Tony Gunawan terkenal sebagai seorang pemain bulu tangkis. Ia berhasil meraih medali emas di Olimpiade 2000. Ia juga didapuk sebagai salah satu pemain bulu tangkis terbaik yang dimiliki Indonesia.

7. Markis Kido
Kekayaan: US$ 1,5 juta atau Rp 20 miliar
Pemain bulu tangkis lain yang menduduki daftar atlet terkaya Indonesia adalah Markis Kido. Bersama pasangannya Hendra Setiawan, mereka berhasil meraih Juara dunia tahun 2007 dan meraih medali emas pertama untuk Indonesia di Olimpiade Beijing 2008 untuk cabang bulu tangkis ganda putra.
Di partai final pada tanggal 16 Agustus 2008 itu, mereka berhasil menaklukkan pasangan RRC Cai Yun/Fu Haifeng melalui pertarungan sengit 3 set.

6. Bambang Pamungkas
Kekayaan: US$ 5,4 juta atau Rp 72 miliar
Bambang Pamungkas, juga dikenal sebagai Bepe, adalah pemain sepak bola Indonesia yang bermain untuk Persija Jakarta di Liga Super Indonesia dan Tim nasional sepak bola Indonesia.

Saat masih bermain dalam tim remaja Jawa Tengah, ia pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik Piala Haornas, sebuah kejuaraan tingkat remaja. Bambang juga pernah menjadi pencetak gol terbanyak untuk skuat Indonesia di Piala Asia U-19 Grup V dengan total perolehan 7 gol.

5. Alan Budikusuma
Kekayaan: US$ 8,5 juta atau Rp 113 miliar
Mantan pemain bulu tangkis peraih medali emas di Olimpiade Barcelona tahun 1992 ini merupakan suami dari atlet bulu tangkis Indonesia, Susi Susanti. Pria 48 tahun ini sudah mulai memegang raket sejak usia 7 tahun.

4. Ellyas Pical
Kekayaan: US$ 9 juta atau Rp 120 miliar
Petinju kelahiran Saparua, Ambon 24 Maret 1960 silam itu merebut gelar juara IBF Kelas Bantam Yunior atau kelas super terbang dari lawannya Chun Ju-do. Lewat kepalan tangan Ellyas Pical, tinju Indonesia mulai diperhitungkan dunia.

Rekor karier profesionalnya yaitu meraih 20 kemenangan dengan sebelas di antaranya di raihnya lewat kemenangan Knock Out (KO), sekali imbang dan lima kali kekalahan.

Namun sayang, pada 13 Juli 2005 silam. Bukan dalam ring tinju, nama Elly justru kembali mencuat lantaran harus berurusan dengan polisi.Suami dari Rina Siahaya Pical dan ayah dari dua putra ini ditangkap polisi karena melakukan transaksi narkoba di sebuah diskotek di Jakarta Pusat.

3. Muhammad Rachman
Kekayaan: US$ 10,5 juta atau Rp 140 miliar
Muchammad Rachman dikenal sebagai petinju asal Indonesia. Pada tahun 1991, Rachman berhasil meraih gelar juara nasional kelas terbang mini, saat memukul KO juara bertahan Muhammad Sadik.

Kemenangan demi kemenangan diraih Rachman, sampai akhirnya promotor kenamaan saat itu, Aseng, menandingkannya di tingkat internasional melawan petinju Filipina, Roger Mananquil. Rachman berhasil memukul KO Mananquil pada ronde 8 dan merebut gelar juara IBF Intercontinental (level Asia Pasifik) pada tahun 2000.

2. Taufik Hidayat
Kekayaan: US$ 11 juta atau Rp 146,6 miliar
Taufik mencatatkan namanya sebagai pemain bulu tangkis tunggal putra dengan pukulan smash tercepat yang mencapai 305 km/jam pada semifinal Kejuaraan Dunia 2006 di Madrid. Ia juga dikenal dengan pukulan backhand smash tercepat yang mencapai 206 km/jam.

1. Chris John
Kekayaan: US$ 15 juta atau Rp 200 miliar
Yohannes Christian John, atau lebih dikenal sebagai Chris John adalah seorang petinju Indonesia. Chris John mencatatkan rekor sebagai juara dunia kelas bulu pertama yang berasal dari Indonesia, mencatatkan rekor sebagai petinju kedua terlama yang menjadi juara dunia kelas bulu sepanjang masa.
Dia juga mencatatkan rekor sebagai peringkat kedua dalam daftar petinju yang paling sering mempertahankan gelar juara dunia kelas bulu sepanjang masa. []


TAGS ekonomi olahraga


#Komentar Non Aktif Sementara. Mohon Maaf
-

Search