Bagaimana Kita Menyambut Bulan Ramadhan?

22 May 2017

Bulan Ramadhan adalah tamu yang agung, penghulu segala bulan. Jikalau di hari biasa, kebaikan itu sudah dilipatgandakan pahalanya. Maka, di bulan Ramadhan akan dilipatgandakan lagi jauh lebih banyak. Persiapan itu mencakup persiapan materi, yang mencakup persiapan badan dan persiapan uang. Jikalau badan, mulai sekarang Anda jagalah kesehatan dengan baik. Jangan sampai Ramadhan masuk, Anda tidak bisa menjalaninya. Kemudian persiapan keuangan juga penting agar Anda tidak pusing di saat bulan yang seharusnya dipenuhi dengan ibadah.

Persiapan selanjutnya adalah persiapan maknawi atau ruhy. Ini tidak kalah pentingnya. Janhan sampai kita masuk Ramadhan dengan badan kita saja, namun juga seharusnya dengan hati kita. Dan untuk yang satu ini, kita bisa menyambutnya dengan beberapa hal berikut ini:


Pertama, Berdoa Kepada Allah SWT agar Disampaikan-Nya di Bulan Ramadhan
Berdoalah kepada Allah SWT agar kita bisa menginjakkan kaki di bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari ini. Sebab, Dialah yang punya kuasa untuk menentukan apakah kita layak sampai di bulan Ramadhan atau tidak. Doa adalah ibadah. Begitulah yang dilakukan oleh para ulama-ulama terdahulu, mereka berdoa berharap kepada Allah SWT agar disampaikan di bulan Ramadhan.
Ya Allah… sampaikanlah kami di bulan Ramadhan…

Kedua, Bersyukur dan Memuji Allah SWT
Jikalau kita sudah menginjakkan kaki di bulan Ramadhan nanti, jangan lupa bersyukur kepada Allah SWT. Inilah yang dijelaskan oleh Imam al-Nawawi yang bermazhab Syafii dalam kitabnya al-Azkar:
“Disunnahkan bagi yang mendapatkan nikmat nyata yang terbarui atau terhindar dari musibah untuk bersujud syukur kepada Allah SWT dan memuji-Nya.”

Ketiga, Berbahagia Menyambutnya
Berbahagialah menyambut Bulan Ramadhan, sebab Nabi Saw menyuruh para sahabatnya dan juga kita umat Isla untuk berbahagia menyambut. Dalam sebuah hadits dijelaskan ucapan beliau kepada para sahabatnya:
“Bulan Ramadhan sudah mendatangi kalian. Bulan Ramadhan adalah bulan yang diberkahi, diwajibkan bagi kalian berpuasa, dibukakan baginya pintu-pintu surga dan ditutup semua pintu Neraka… ” (Hr Ahmad)

Keempat, Memanfaatkan Waktu Ramadhan dengan sebaik-baiknya dengan amal shaleh.
Jikalau Bulan Ramadhan sudah datang, makam manfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk berbagai amal shaleh yang pahalanya dilipatgandakan. Ada beberapa ibadah yang sangat dianjurkan sekali, seperti sedekah, Qiyam Ramadhan, baca al-Quran, Umrah, dan Itikaf. Perbanyaklah semua itu di bulan Ramadhan. Pahala berlipat, ibadah juga harus meningkat.

Kelima, Membekali ilmu dengan hukum-hukum Ramadhan
Ini juga penting sebagai persiapan bulan Ramadhan agar puasa yang kita jalanlan tidak sia-sia karena batal tanpa kita sadari. Bacalah buku-buku Hukum Islam atau hadirilah Majelis Taklim atau bertanyalah kepada para ulama yang paham dengan hukum agama.

Itulah beberapa persiapan kita menyambut Bulan Ramadhan.

[Pakih Sati]


TAGS umum opini


-

Search