Lapar Mata Lebih Dahsyat dari Lapar Perut, Menjadi Pangkal Korupsi

24 May 2017

Perut yang kelaparan adalah salah satu pangkal kriminal di dunia ini. Makanya, Ali bin Abi THalib menjelaskan bahwa hampir saja kefakiran itu menyebabkan kekufuran. Padahal, Ali bin ABi Thalib itu dikenal sebagai sosok yang hidup sangat sederhana sekali. Bahkan di kalangan sufi, beliau dikenal dengan nama Taj al-Arifin, mahkotanya orang-orang yang bijaksana. Beliau hidup fakir, namu beliau tidak suka dengan kefakiran. Bagaimanapun kefakiran akan menyebabkan seseorang mudah melakukan kriminal dan kejahatan.

Perut yang kelaparan, obatnya sebenarnya mudah. Hanya membutuhkan sesuap dua suap nasi atau makanan, maka ia akan menjinak. Tidak liar lagi. Dan perut yang kelaparan ini hanya akan menimpa orang-orang yang malas bekerja. Andai saja ia mau berjalan kesana dan kesini mencari yang membutuhkan jasannya, maka pasti ia akan mendapatkannya. Kemudian dengan upahnya, ia bisa mendapatkan makanan. Hanya itu. MUdah sekali.

Namun yang lebih parah dari perut yang kelaparan adalah mata yang kelaparan. Jikalau perut akan merasa tenang dengan sesuap dua suap nasi, maka mata yang kelaparan itu sebaliknya. Semakin ia diberikan asupan, maka mata itu akan semakin liar dan semakin tidak puas. Dan ini biasanya itu dialami oleh orang-orang kaya, para pejabat. Lihat saja, mata mereka yang kelaparan melihat barang mewah ini dan barang mewah itu, kemudian mereka membelinya. Setelah itu, melihat lagi barang mewah lainnya, maka mereka berkeinginan memilikinya juga. Tidak puas. Maka apa yang terjadi?

KORUPSI… MENIPU KLIEN BISNIS… Dan banyak lagi yang lainnya.

Inilah pangkal kriminal besar. Jikalau perut yang kelaparan, itu akan dialami oleh masyarakat kalangan bawah. Maka, mata yang kelaparan, dialami oleh para petinggi dan para pejabat negara, yang iman mereka tipis, yang iman mereka tiada.

Maka kesimpulannya adalah lapar mata lebih berbahaya dari lapar perut. Tanamkan iman di perut Anda, sebagaimana Anda juga harus menanamnya di mata Anda. Agar Anda tidak RAKUS.. Rakus adalah pangkal kriminal yang berkaitan dengan Harta dan Uang.

Tabik
Pakih Sati


TAGS umum opini


#Komentar Non Aktif Sementara. Mohon Maaf
-

Search