Di Bulan Ramadhan, Imam Syafii Khatam al-Quran 60 Kali, Anda?

30 May 2017

Bulan Ramadhan adalah Bulan al-Quran. Sebab, Allah SWT menurunkan al-Quran pertama kalinya kepada Nabi Saw di bulan Ramadhan. Dan biasanya, setiap bulan Ramadhan, Malaikat Jibril menghampiri Nabi Muhammad Saw untuk mengulang hafalan Nabi Saw terhadap wahyu-wahyu yang sudah diterimanya. Maka pertanyaannya, sudahkah Anda memanfaatkan bulan ramadhan ini dengan sebaik-baiknya dengan banyak membaca al-Quran dan mengkhatamkannya?

Jikalau kita melihat para ulama terdahulu, maka kita akan mendapati bahwa kita begitu jauh dari mereka. Al-Aswad bi Yazid, di bulan Ramadhan, ia mampu mengkhatamkan al-Quran sekali dalam dua malam. Ibrahim al-Nakh’i, jikalau di bulan Ramadhan, maka ia mampu khatam al-Quran setiap 10 hari. Qatadah bisa khatam di bulan Ramadhan sekali dalam seminggu. Dan lebih hebatnya lagi adalah imam al-Syafii, yang mampu mengkhatamkan al-Quran di bulan Ramadhan sebanyak 60 kali. Itu di luar shalat, ya…

Kita?

Sepertinya masih jauh… Jangan-jangan kita belum memegang al-Quran di bulan Ramadhan ini.

Ada kisah menarik, entah nyata atau fiksi, tapi ada pelajaran menarik darinya. Suatu kali, seorang Tuan Guru di tanya oleh muridnya:
“Tuan guru, bagaimana para ulama dahulu berinteraksi dengan al-Quran?”
Ia menjawab:
“Kayak interaksi kalian hari ini dengan Smartphonr.”
hehe…

Kita tidak bisa lepas dari hape… maka mengapa kita juga tidak bisa selalu membersamai al-Quran, apalagi ini bulan ramadhan, bulan al-Quran, sahabat.

Tabik
Pakih Sati


TAGS umum opini


-

Search