Memperpanjang Usia Pahala dengan Malam Lailatul Qadar

16 Jun 2017

Tanpa Terasa, kita sudah berada di sepertiga terakhir Bulan Ramadhan. Dalam al-Quran dijelaskan Ayyam Makdudat, yang artinya hari-hari yang terhitung. Layaknya bulan Qamariah, Bulan Ramadhan tidak akan kurang dari 29 hari, dan tidak akan lebih dari 30 hari. Berbeda dengan Bulan Syamsiah yang merujuk kepada Matahari, yang akan didapati ada yang 28 hari dan ada yang 31 hari.

Bulan Ramadhan adalah penghulu bulan-bulan dalam Islam. Jikalau di bulan biasanya setiap amal kebajikan dilipat gandakan pahalanya, maka di bulan Ramadhan akan dilipat gandakan lagi oleh Allah SWT dengan jumlah yang luar biasa. Dan di Bulan Ramadhan ini terdapat suatu malam terbaik dari seluruh malam yang ada, yaitu malam Lailatul Qadar.


Rasulullah Saw menjelaskan untuk mencarinya di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, di hari yang Ganjil. Artinya adalah di hari ke-21, atau 23 atau 25 atau 27 atau 29. Namun berdasarkan pendapat Ibn Abbas, ia sering terjadi di hari ke-27. Berbeda dengan pandangan Imam al-Nawawi yang menjelaskan bahwa malam Lailatul Qadar tadi berpindah-pindah sepanjang malam ganjil. Kadangkala malam ke-21, kadangkala ke-23, kadangkala ke-25 atau 27 atau 29. Namun intinya, kita harus optimalisasi 10 hari terakhir.

Lailatul Qadar…
Lebih Baik dari Seribu Bulan… Jikalau Dihitung, maka Lebih Kurang 83 Tahun. Kalau Seandainya Kita Bisa Mendapatkan LaiLatul Qadar Selama 20 kali saja, dalam rentang waktu 20 tahun usia kita, maka usia pahala kita menjadi 1.660 Tahun. Bonus Luar Biasa dari Allah SWT untuk Umat Nabi Muhammad yang Bentang USianya Hanya antara 60-70 Tahun. Di Gerbang 10 Hari Terakhir.

Mudik, Oke. Tapi Jangan Juga Abai dengan Kemuliaan yang Satu ini, yang hanya terdapat Sekali dalam Setahun, di Bulan Ramadhan.

Tabik
Pakih Sati


TAGS religi umum


Sahabat Sekalian... Komentar Non Aktif Sementara... Mohon Maaf... Jikalau Ada yang Perlu atau Penting Dikomentari, Silahkan email ke: denisarifandips@gmail.com atau WA: 081382088702. Hanya WA Saja ya...
-

Search