Menimbang Efektifitas Perppu nomor 2/2017 Tentang Ormas

13 Jul 2017

Peraturan Pemerintah Pengganti UU (Perppu) nomor 2/2017 tentang Ormas sudah diterbitkan. Tujuanya adalah untuk menertibkan organisasi kemasyarakatan. Sebab, UU No. 17 Tahun 2013 yang mengatur masalah ini dianggap tidak memadai. Jikalau dilakukan perubahan, maka mekanisme yang harus ditempuh melalui DPR akan memakan waktu lama. Padahal di sisi lain, ada yang menuntut pemerintah untuk segera melakukan tindakan tegas terhadap sejumlah ormas yang dianggap tidak sesuai dengan Pancasila.

Terbitnya Perppu ini, jangan sampai memancing masalah baru. Kondisi politik Negara ini, sekarang ini, begitu sensitif. Sedikit saja salah langkah, maka efeknya akan panjang dan lama. Apalagi di zaman Media Sosial ini, yang berita lalu lalang di Internat tanpa bisa dikontrol; ada yang bisa dipertanggungjawabkan dan ada yang tidak, ada yang benar dan ada yang hoax.

Terbitnya Perppu ini jangan hanya seolah-olah menyasar kaum Islamis. Tapi harus ditujukan ke semua ormas tanpa memang asasnya. Jikalau ormas tersebut dianggap membahayakan NKRI dan bertentangan dengan Pancasila, maka Perppu ini berlaku untuk semuanya. Setiap ormas yang meresahkan masyarakat, maka tindakan tegas di perlukan.

Tapi, sekali lagi, janga hanya berhenti di titik pembubaran. Harus ada pembinaan. Anggota dari ormas-ormas yang dianggap membahayakan harus dididik dan dibina sesuai dengan yang seharusnya. Disitulah aka terjadi dialog; ke arah mana mereka akan dibawa. Jangan hanya dibiarkan tanpa ada pembinaan, yang malah akan berjalan liar tanpa kontrol.

Pembubaran itu, bagi saya, bukanlah solusi. Sebab, malah akan melahirkan masalah baru, yaitu anggapan bahwa pemerintah terlalu diktator. Harusnya, pemerintah melakukan tindakan pendekatan. Tindakan keras hanya akan melahirkan tindakan keras lainnya, yaitu perlawanan. Itu harus dipertimbangkan pemerintah di tengah situasi politik yang kurang bersahabat di saat ini.

[Pakih Sati]


TAGS umum


Related Post

#Komentar Non Aktif Sementara. Mohon Maaf
-

Search