Kunci Kemenangan Marquez & Rossi Mengulangi Kesalahan di Tahun 2016

7 Aug 2017

GP Ceska berlansung menarik kemaren, Minggu (6/8/2017). Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez berhasil keluar sebagai juara setelah menyelesaikan balapan dalam tempo 44 menit 15,974 detik. Pebalap Spanyol ini unggul 12,438 detik atas rekan setimnya, Dani Pedrosa, yang finis kedua.

Apa Kunci Kemenangan Marc Marquez?
Kuncinya adalah keputusannya  untuk mengganti motor lebih awal. Balapan GP Ceska 2017 yang digelar di Automotodrom Brno berlangsung dalam dua kondisi lintasan berbeda. Pada awal balapan, kondisi trek masih basah akibat hujan yang mengguyur sebelum balapan MotoGP dimulai.

Beberapa lap kemudian, lintasan mulai kering. Kondisi ini mendorong para pebalap melakukan pergantian motor berban basah dengan motor berban kering. Marquez menjadi pebalap pertama yang melakukan pergantian. Dia menukar motornya saat balapan baru memasuki lap ketiga.

Marquez lalu kembali ke arena balapan di urutan ke-19 alias turun 18 peringkat dari posisi start. Namun, perjudian Marquez ini membuahkan hasil maksimal. Satu lap berselang, para rivalnya ganti masuk ke pit untuk menukar motor. Situasi “garasi sibuk” ini dimanfaatkan dengan baik oleh Marquez. Mengandalkan kecepatan yang dimiliki motor Honda, dia berhasil menempati kembali posisi pimpinan lomba pada lap ke-6 atau tiga putaran setelah dia melakukan pergantian motor.

Dia bahkan sempat memimpin jalannya balapan dengan selisih 19 detik atas Johann Zarco (Monster Yamaha Tech 3). Performa dominan Marquez ini terus berlanjut hingga melintasi garis finis. Dia menjuarai GP Ceska dan berhasil menjaga jarak poin dengan pesaing terdekatnya, Maverick Vinales (Movistar Yamaha MotoGP).

Rossi… Kenapa Rossi Kalah?
Rossi sendiri gagal naik podium. Penyebabnya jelas, yaitu terlambat mengganti motor. Dan ini adalah kesalahan lama yang diulang lagi oleh Rossi, tepatnya ketika  balapan MotoGP Jerman 2016. Saat itu Rossi juga sedang memimpin saat balapan dalam kondisi basah. Namui The Doctor tidak mematuhi perintah kru di pit agar dia segera mengganti motor, karena trek sudah kering.

Dalam MotoGP Jerman 2016, Rossi harus puas finis urutan 8 karena telat masuk pit dan mengganti motor. Di MotoGP Cek 2017 kejadian itu terulang lagi, dan Rossi harus puas finis urutan 4.

Dan itu cukup menyedihkan… hehe… []


TAGS olahraga motogp


Sahabat Sekalian... Komentar Non Aktif Sementara... Mohon Maaf... Jikalau Ada yang Perlu atau Penting Dikomentari, Silahkan email ke: denisarifandips@gmail.com atau WA: 081382088702. Hanya WA Saja ya...
-

Search