SEA Games 2017 Malaysia, SEA Games Paling Buruk Sepanjang Sejarah?

22 Aug 2017

Bagaimana pendapat Anda jikalau kita menyebut SEA Games 2017 di Malaysia ini sebagai SEA Games paling buruk sepanjang sejarah. Masalahnya, bukan saja Indonesia yang merasa dicurangi, namun juga beberapa negara Asean lainnya. Ini menurut saya bukan masalah “suka atau tidak suka” ke suatu negara lagi, sama sekali tidak berkaitan dengan itu, namun berkaitan dengan profesionalitas penyelenggara. Malaysia sama sekali tidak berkompeten dan tidak profesional menjadi tuan rumah kali ini. Malaysia tidak mampu menjalankan tugasnya dengan baik.

Bayangkan saja…

Filipina… Sejumlah atlet Filipina ikut terlibat dalam sebuah kecelakaan bus yang baru-baru ini terjadi. Ada dua bus yang mengangkut 13 atlet Squash SEA Games mengalami kecelakaan (21/8/2017).

Thailand…. Bendera serta penamaan negara Indonesia dan Thailand tertukar, yang diketahui dari buku panduan dalam upacara pembukaan SEA Games 2017. Kemudian pemain Squash Thailand ikut terlibat dalam kecelakaan bus serupa dengan Filipina dan Myanmar, yang beberapa di antara mereka menderita luka bakar akibat kecelakaan tersebut.

Myanmar… Tiket terbatas pendukung Myanmar sampai nonton di luar stadion dalam pertandingan Myanmar VS Laos. Sementara itu di luar stadion tidak disediakan layar lebar untuk menonton. Kemudian, saat tim putri Myanmar mengalahkan Malaysia 5-0, mereka mendapatkan hal yang tidak menyenangkan, dimana mereka terlambat kembali ke hotel dan terancam terlantar hingga tengah malam karena tidak ada sopir bus yang mengantarkan ke hotel. Terakhir, pemain Squash Myanmar juga ikut terlibat dalam kecelakaan bus serupa dengan Filipina dan Thailand.

Indonesia… Kayaknya Indonesia yang paling banyak dirugikan. Mulai dari masalah salah cetak bendera Indonesia, Merah Putih di buku panduan pembukaan SEA Games 2017 dan di koran setempat. Kemudian,  Timnas U-22 kehabisan makanan di Hotel Royale Chulan saat sesi makan malam. Kemudian, wasit asal Malaysia yang memimpin pertandingan sepak bola Indonesia VS Timor Leste juga memberikan kartu kuning yang dianggap aneh kepada Evan Dimas. Kemdudian kontroversi yang terjadi di pertandingan sepak takraw mempertemukan Tim Putri Malaysia VS Tim Putri Indonesia pada Minggu (20/8/2017) sore, yang berakhir WO. Kemudian,  hasil keputusan juri dalam final pertandingan panahan antara Indonesia lawan Malaysia dianggap meragukan. Itu yang tercatat. Entah yang lainnya…

Brunei… Terjadi kesalahan dalam bendera Brunei yang ada di papan skor.

Vietnam… Ini berkaitan dengan polemik karena Malaysia sebagai tuan rumah dilaporkan mendapatkan kebebasan untuk memilih grup. Keistimewaan tuan rumah Malaysia disebut melanggar prinsip profesionalisme dan objektivitas olahraga. Sontak, kebijakan itu memicu protes dari negara peserta lain, seperti Vietnam dan Laos.

Laos… Masalahnya sama dengan Vietnam di atas.

Maka, tidak heran jikalau gaung #ShameOnyouMalaysia bergaung di Twitter. Malaysia benar-benar “parah” sebagai penyelenggara dalam perhelatan SEA Games kali ini. Ada baiknya untuk ke depannya, Malaysia berbenah diri. Jangan malah membela diri. Jikalau salah, akui salah. Jangan ngeyel merasa paling benar. Dengan cara seperti ini, kalaupun Malaysia juara umum, itu tidak akan menjadi sesuatu yang membanggakan. Sebab, ada ketidakprofesionalan disitu.

Tabik


TAGS olahraga


Terimakasih Atas Kunjungan Anda. Salam Kenal. Salam Bersahabat
-

Search